jump to navigation

Buku dan Penulis (yang memengaruhi saya) 24 Maret, 2013

Posted by husnukusuma in Life.
Tags: , , , ,
trackback

Apakah Anda ingat adegan di film Troy, dimana Achilles (yang diperankan Brad Pitt) akan menyerang kota Troy melalui pantai? Dia bersama pasukannya berniat membuka jalan bagi pasukan lain dan risikonya sangat besar. Dengan gagah Achilles menginspirasi pasukannya. Dia berteriak “My brothers of the sword! I would rather fight beside you than any army of thousands! Let no man forget how menacing we are, we are lions! Do you know what’s waiting beyond that beach? Immortality! Take it! It’s yours!” Saya yang menonton saja serasa mau ikut berperang🙂. Tentunya immortality dalam hal ini adalah nama yang terukir dalam sejarah, karena Achilles tahu dia akan mati dalam perang ini.

Cerita tentang Achilles masih bisa kita nikmati sampai sekarang karena seorang penulis. Banyak kisah lain yang menarik disampaikan oleh para penulis, seperti Mahabarata, kisah Marco Polo, dll. Beberapa hari lalu saya baru tahu ternyata yang paling sakti di perang Baratayuda adalah Adipati Karna dan Marco Polo pernah mengunjungi Cina. Semua karena ada yang menulis kisah tersebut.

Posting kali ini akan menguraikan beberapa buku yang menemani momen senggang saya:

Di akhir masa kuliah, saya satu kos dengan mahasiswa generasi tua yang gemar membaca. Salah satu bukunya adalah “How the mind works” karya Steven Pinker, buku psikologi populer yang mengawali ketertarikan saya terhadap behavioral psychology. Kemudian saya membeli sendiri buku Freakonomics yang membahas behavioral economics.

Lalu ada satu buku yang unusual, yaitu Black Swan karya Nassim Taleb. Saking sukanya, saya beli semua buku Taleb, fooled by randomness, bed of Procrustes, dan terakhir Antifragile. Saya juga suka semua buku Malcolm Gladwell, punya lengkap, termasuk satu hadiah dari rekan di Medco.

Buku psikologi popular terbaik yang pernah saya baca adalah The Invisible Gorilla. Genius!

Bukunya Pak Daniel Kahneman juga bagus, thinking fast, thinking slow. Kalau lihat dia bicara dengan Nassim Taleb di YouTube, terlihat beliau lebih bijaksana, ya mungkin karena lebih tua juga sih.

Buku Science

Ada buku keren berjudul Collapse yang bercerita tentang bagaimana peradaban lama hancur. Istimewa sekali karena level of detail dari si pengarang, seorang profesor Geografi. Bagaimana dia melakukan riset begitu memukau.

Buku science lain yang saya suka adalah buku Stephen Hawking, terutama yang bercerita kehidupan berbagai matematikawan dunia, seperti Leonhard Euler, Riemann, dan tentu saja, yang terbaik: Gauss.

Ya itulah sebagian buku-buku yang ada di lemari saya. Saya berpendapat, jika Anda tahu, sebaiknya dituliskan.

Ada artikel baru-baru ini saya baca, yang memuat surat-surat kekaguman yang dikirimkan penulis ke penulis yang lain, karena dikatakan bahwa sebenarnya writers are the ultimate readers.

image

# ditulis sepenuhnya di HP ^_^

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

