jump to navigation

Smartphone Zaman Sekarang 24 September, 2012

Posted by husnukusuma in Technology.
Tags: , , ,
trackback

Dulu waktu mengambil mata kuliah Manajemen Inovasi, Prof. I Gede Raka menggambar di papan tulis sumbu X dan Y. Di sumbu X beliau mengatakan ini adalah Market Pull. Market pull berarti hal-hal yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Contoh dari Market pull adalah sembako. Kemudian di sumbu Y beliau menjelaskan ini adalah Technology Push, dimana sebenarnya produknya tidak begitu dibutuhkan, namun kita dipaksa butuh (karena memudahkan). Segmen technology push sangat kental dengan inovasi. Contoh dari segmen ini adalah sistem operasi Windows terbaru, Microsoft Office terbaru, dan yang akan dibahas dalam artikel ini, yaitu smartphone.

Sejak handphone pertama saya tahun 2004, handphone telah berkembang pesat dan terus membuat saya kagum terhadap inovasi-inovasi yang terjadi. Berikut adalah hal-hal yang membuat saya senang dengan handphone jaman sekarang:

  1. Menyimpan contact di server

    Sekarang sudah tidak jaman lagi contact/nomor hilang. Contact adalah rangkuman siapa yang kita temui selama hidup. Tentu sayang jika hilang. Smartphone sekarang sudah hampir mewajibkan menyimpan contact di server yang link dengan sebuah email, misalnya Gmail di Android (note: kita juga bisa mem-back-up SMS/MMS ke Gmail).

  2. (Virtual) Apps store

    Instalasi program di smartphone sekarang menggunakan sebuah virtual store. Keunggulannya di sini lagi-lagi adalah jika berganti HP atau tablet, kita tetap dikenali sebagai pemilik, selama menggunakan account email yang sama.

    Berikut tampilan Market di Android. Sebelah kanan adalah game yang memerlukan space 1.80 GB (luar biasa untuk ukuran game di handphone):

  3. Email

    Penggunaan push email adalah hal yang standar dan sepertinya tidak perlu dibahas lebih lanjut.

  4. Maps dan GPS

    Maps bukan sembarang Maps, tapi yang menyediakan turn-by-turn voice navigation. Saat ini Google Maps belum menyediakan voice navigation di Indonesia, namun ada alternatif, seperti Sygic di Android. Penulis sudah mencoba aplikasi ini dan hasilnya sangat baik, perintahnya jelas, POI (Point of Interests) banyak, bisa search menggunakan Google, tampilan 3D, dll. Sebelumnya saya menggunakan GPS berbasis Windows CE dengan software Garmin. Dalam hal ini Sygic terasa lebih fresh, cepat, dan reliable.

    Berikut tampilannya:

    Oh ya, saat ini mulai banyak smartphone yang berteknologi GLONASS, maksudnya bisa menggunakan satelit Rusia. Beberapa smartphone yang saya tahu memiliki teknologi ini antara lain Samsung Note, Samsung S3, Sony Xperia T, dan Iphone 5. Dengan Glonass, diharapkan lock GPS akan lebih cepat.

  5. E-reader untuk Berita dan Buku

    Kadang-kadang saya membaca buku di handphone. Di Android ada aplikasi Kobo yang cukup lengkap (kobo adalah anagram dari book). Untuk berita, andalan saya adalah Flipboard, dimana kita bisa pilih jenis berita yang kita senangi, dengan tampilan yang enak di mata.

    Berikut contoh tampilan Flipboard (saya masukkan kategori News, Home, dan Gadget) :

     

  6. Scanner

    Handphone bisa digunakan sebagai scanner. Dengan aplikasi seperti Camscanner, tinggal jepret sebuah halaman lalu otomatis di-crop, diperbaiki, dan diubah menjadi pdf. Sangat memudahkan jika sedang perlu.

    Berikut contoh cover sebuah buku milik saya (sebelah kiri adalah proses pengambilan gambar, sebelah kanan hasilnya ketika dilihat di ez-pdf reader, Anda bisa melihat catatan yang saya tulis berwarna hijau):

     

  7. Card reader

    Saya tidak ingin terikat dengan kartu nama (karena kadang tertinggal atau tercecer), sekarang ada solusinya, dengan menggunakan aplikasi seperti CamCard, tinggal jepret kartu nama, otomatis akan men-generate contact dengan segala atributnya (nomor telp., email, fax, posisi/jabatan, dll). Begitu masuk contact dan tersimpan di server (foto kartu namanya otomatis tersimpan juga), kita tidak perlu lagi khawatir kehilangan kartu nama.

     

  8. Kamera

    Smartphone sekarang memanfaatkan teknologi kamera dengan beragam cara. Yang mungkin popular adalah instagram. Namun saya pribadi lebih suka HDR Camera+, yang mengambil beberapa gambar lalu disatukan.

    Sebelah atas adalah gambar yang diambil menggunakan aplikasi kamera bawaan dan sebelah bawah dengan HDR Camera+:


     

  9. Tabbed browser dan quick access

    Dengan tabbeb browser dan quick access, internetan terasa lebih cepat, karena kemungkinan kita hanya akan membuka beberapa website favorit saja. Berikut adalah contoh browser smartphone yang memiliki feature ini (Maxthon):



  10. Stylus

    Dalam menggunakan smartphone, saya menyukai menggunakan stylus, karena bisa lebih presisi (untuk mencatat dan bermain beberapa games). Dengan aplikasi seperti S-note (di seri Samsung Note), kita bisa membuat berbagai catatan, seperti contoh di bawah:

    Kabarnya teknologi display Nokia yang baru di Lumia 920 akan memungkinkan penggunaan stylus juga.

Masih banyak hal-hal lain yang saya sukai dari smartphone jaman sekarang, antara lain personalisasi (theme), notifikasi, widget, quick setting, tethering (USB dan Wifi), berbagai trik (seperti capture layar dengan “menyapu” layar), bisa mengenali nada (tuner gitar), mengenali lagu, dll., namun terlalu banyak untuk ditulis.

Kompetisi di dunia smartphone sangat sengit, dengan berbagai vendor menawarkan feature yang kaya inovasi. Entah apalagi yang akan tersedia di masa depan.

Komentar»

1. hhd - 29 September, 2012

istimewa gan !!!

2. AAY - 24 September, 2013

Super sekali pak Husnu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: